Bolu Kukus Gula Merah

http://resepmasakanhot.blogspot.com/2012/05/bolu-kukus-gula-merah.htmlBolu kukus gula merah ini makanan kegemaranku, rasa gurih dari gula merahnya membuatku setiap makan enggak eneg. Aku ingat saat kuliah dulu waktu ada study ke gedung DPRD di kasih snack box yang isinya ada bolu kukus gula merah jadinya aku penasaran pengen buat. Percobaan pertama aku nyontek resepnya Vivi Liong di Ncc tapi masih gagal mungkin karena aku enggak bisa kalo buat bolu tanpa mixer, trus aku nyoba resepnya mbak dar tetanggaku alhamdulilah bisa merekah karena pakai mixer untuk ngembangin telur.
Ini resepnya…………..

Bahan :
• 500 gr tepung terigu “cakra”
• 200 gr margarine blue band, kalo enggak ya boleh pake margarine lainya
• ½ sendok teh soda kue
• 2 lembar daun pandan
• 500 gr gula merah
• 1 sdt vanili
• 2 butir telur ayam
• 400 ml air kelapa kelapa, biar lebih gurih.

Cara membuat :
1. didihkan gula merah bersama dengan air dan daun pandan sampai mengental dan gulanya larut
2. Kemudian segera angkat, saring dan biarkan hingga menjadi dingin, sisihkan
3. Kocok lepas telor dan tambahkan soda kue, kocok hingga rata sampai mengembang
4. Tambahkan terigu dan air gula dengan bergantian, kocok kembali sampai rata
5. Tuangkan margarine yang telah di cairkan dan kocok hingga rata
6. Siapkan mangkuk cetakan bolu kukus yang telah diberi paper cup
7. Masukkan adonan sampai penuh dan lakukan proses tersebut hingga adonan habis.
8. Kukus selama 15 menit, jangan di buka buka ya
9. Dan hasilnya tara ………………… selamat menikmati!

Bolu Kukus

http://resepmasakanhot.blogspot.com/2012/05/bolu-kukus.htmlBolu kukus adalah kue yang pembuatanya gampang gampang susah. Percaya emggak dulu setiap kali aku buat kue ini selalu gagal, gak mekar, bantet haduh capek pokoknya dan itu enggak hanya sekali tetapi seriiiiiiiiiiiing sekali, tapi sekarang setelah aku nyontek resep di Ncc aku gak pernah gagal. Kamu mau kan buat bolkus berhasil lakukan seperti aku bolkusnya mekarsampe 5 lo………….. jangan ngiri ya hehehehehe ayo lakukan sesuai petunjuk resep ini ya.

Bahan Bolu Kukus:
4 butir telur
450 gr gula pasir
1 sdt emulsifier (SP/TBM)
500 gr tepung terigu “cakra”
1/2 sdt baking powder
300 ml sprit/fanta
vanili
Pasta merah muda dan hijau

Cara Membuat :
1. Campur semua bahan dalam wadah kecuali pasta (pewarna) kocok selama 25 menit sampai kelihatan putih pucat dan mengembang
2. Ambil sebagian, beri warna sesuai selera.
3. Tuang kedalam cetakan bolu kukus yang telah dialasi kertas, adonan putih dan adonan warna.
4. Kukus dalam dandang yang telah beruap banyak selama 15 menit.

Bakpao Coklat atau bakpao isi Selai

http://resepmasakanhot.blogspot.com/2012/05/bakpao-coklat-atau-bakpao-isi-selai.htmlBakpao makanan khas China tetapi cocok juga untuk lidah orang Indonesia. Cocok juga buat isian snack box untuk acara arisan atau pengajian ibu ibu muslimah di rumah anda, karena adonan ini bisa menghasilkan jumlah yang sangat banyak dan bisa di buat kudapan yang mengirit kantong. Heheheheh………………….

Resep Bahan Kulit Bakpao :
• 1kg tepung terigu protein rendah
• 2 sendok makan ragi instan(fermipan)
• ½ sdt baking powder
• 200 gr gula
• 2 sendok makan susu bubuk/full cream
• 2 telor
• 250 ml air
• 100 g mentega putih
• ½ sdt garam
• vanili

Resep Isi Bakpao:
• Coklat meses
• Atau selai strawberi dll

Cara Membuat Bakpao :
1. Kulit, campur tepung terigu, ragi instan, baking powder, gula pasir, dan susu bubuk. Aduk rata.
2. Tambahan telor dan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis. Masukkan mentega putih dan garam. Uleni sampai elastis. Jangan lupa sesekali di banting banting.
3. Bentuk bulat lalu pipihkan beri isian lalu tutup kembali hingga membentuk bulat. Letakkan diatas kertas roti Diamkan 20 menit atau kalo lebih mengembang diamkan selama 2 jam.
4. Tetes tengah bakpao dengan pewarna merah tua atau warna lainya menggunakan tusuk gigi
5. Kukus selama7 menit dengan api sedang.
6. Beri jarak saat mengukus karena adonan akan mengembang saat pengukusan.
7. Jangan kelamaan ngukusnya nanti kulit bakpau tidak bisa mulus alias mengkeret.

Dadar gulung isi unti kelapa

http://resepmasakanhot.blogspot.com/2012/05/dadar-gulung-isi-unti-kelapa.htmlDadar gulung merupakan salah satu jajanan pasar yang enak. Jajan ndeso ini banyak penggemarnya di rumahku apalagi suamiku. Resep ini dari tetangga sebelah rumah tapi aku midifikasi sedikit biar beda gitu hehehehe

Resep Bahan Kulit Dadar
• 1 kg tepung terigu protein sedang
• ½ sdt garam
• 500 ml santan atau air biasa
• 1 butir telur
• 200 gr margarine kalo bisa pake blue band ya kalo enggak ya enggak apa apa (jadi enggak usah pake pewarna karena warnanya sudah kuning. Tapi kalo enggak pake margari ya enggak papa tapi diganti pasta hijau pandan)
• vanili

Resep Bahan Isi Dadar
• 1 buah kelapa lalu di parut kasar
• 200 gr gula pasir atau gula merah
• ½ sdt garam
• 2 lembar daun pandan, disimpulkan

Cara Membuat Dadar Gulung :
1. Isi : masak kelapa parut kasar, gula pasir, garam, dan daun pandan sambil diaduk sampai meresap dan kering.
2. Kulit : aduk rata tepung terigu dan garam. Tambahkan campuran santan, telur, dan pewarna hijau pandaan. Aduk rata.
3. Panaskan wajan datar biasanya aku pake Teflon ukuran 24. Tuang adonan kulit. Buat dadar tipis-tipis sampai adonan habis.
4. Ambil selembar dadar. Beri isi. Lipat sisi kanan dan kirinya. Gulung.

Onde-onde

http://resepmasakanhot.blogspot.com/2012/05/onde-onde.htmlOnde onde adalah makanan kegemaran keluarga kami di rumah membuatnya sedikit agak ribet apalagi aku punya si kecil caca yang berumur 2 setengah tahun. Caca suka sekali sama onde onde buatan mamanya. Onde onde lebih enak kalau pake kacang ijo yang tanpa kulit lebih gurih di banding dengan kacang ijo biasa. Pertama kali buat sempatt gagal waktu penggorengan onde ondenya pada meletus karena kurang manis adonannya. Bagi temen temen yang mau buat onde onde dan mau onde ondenya berhasil ikutin resep dari aku ya. Resep ini dari ibuku di Malang beliau pinter banget kalo buat kue.

Resep Bahan Kulit Onde-Onde :
• 1 kg tepung ketan
• 400 ml santan hangat atau bisa air hangat biasa
• 200 gr wijen
• 200 gr kentang kukus, haluskan (kentang fungsinya agar onde onde awet empuk meski dalam waktu lama, gak pakai juga gak apa apa)
• 275 gr gula pasir (jangan sampai di kurangi nanti onde ondenya bisa meletus saat penggorengan)
• vanili

Resep Bahan Isi Onde-Onde:
• 250 gr kacang hijau tanpa kulit, rendam 2 jam
• 150 gr gula pasir
• 1 lembar daun pandan/vanili
• ½ sdt garam

Cara Membuat Onde-Onde :
1. Isi : kukus kacang hijau sampai matang. Campur dengan gula, daun pandan atau vanili, jerang diatas api kecil sambil diaduk hingga adonan dapat dibentuk bulat kelerang, sisihkan. Biasanya dapat 64 bulatan.

2. Kulit : campur semua bahan sambil diaduk dan diberi santan hangat sedikit demi sedikit. Uleni sampai menjadi adonan yang bisa debentuk. Jangan sampai kelemesen ya. Bagi rata sesuai jumlah isi. Bulatkan dan pipihkan, beri adonan isi, rapatkan, bentuk bulat kembali. (Perlu diingat untuk adonan kulit jangan sampai terkena garam karena itu jg bisa menimbulkan efek meletus itu resep dari ibuku hehehehehe……..)

3. Celup dengan air sebentar lalu gulingkan sambil tekan pelan tiap bulatan onde pada wijen. Goreng dalam minyak banyak yang tidak terlalu panas sampai matang kecoklatan, angkat dan tiriskan. Ingat api jangan terlalu besar pokoknya yang paling kecil.

4. Sajikan selagi hangat.

Roti Pisang

http://resepmasakanhot.blogspot.com/2012/05/roti-pisang.htmlRoti pisang merupakan salah satu alternatife kudapan ringan apalagi untuk teman minum teh, bisa juga untuk bekal anak ke sekolah karena merupakan makanan yang bergizi atau untuk sarapan si kecil. Sajian ini juga cocok untuk isian snack box buat acara pengajian ataupun miting di kantor. Resep ini aslinya dari saudaraku tetapi ada yang aku modifikasi sedikit hehehehhe biar sedikit mak nyus rasanya. Adonaya sama seperti donat tetapi enggak ada tambahan kentangnya.

Bahan:
10 buah pisang (bisa pisang apa saja yang penting gak kematengan, atau istilah bahasa jawanya “ndalu” belah jadi dua kalo yang pisang ukuran panjang bisa di jadikan empat)
1 kg tepung terigu (cakra, segitiga biru)
3 kuning telor
200 gr gula pasir
1 sendok makan fermipan
200 gr margarine blue band (bisa pake margarine yang lainya)
Air hangat kuku secukupnya
Vanili
Pasta warna kuning telur

Cara membuatnya:
1. Campur semua bahan di dalam wadah kecuali pisang dan pasta kuning telur uleni hingga rata.
2. Campur air sedikit demi sedikit sampai adonan kalis.
3. Sambil nguleni jangan lupa sesekali dibanting banting agar gula hancur dan adonan cepat kalis.
4. Setelah kalis ambil sedikit adonan lalu gilas di mesin penggiling setebal 1mm bagi menjadi tiga bagian.
5. Setelah itu lilitkan di pisang seperti membuat molen. Lakukan sampai selesai
6. Diamkan selama 1 jam biar mengembang.
7. Lalu oven kurang lebih 10 menit sampai mengembang setelah itu keluarkan sebentar untuk di kasih kuning telur diatasnya( kuning telurnya di kasih tambahan pasta warna kuning telur dan di beri air sedikit biar hemat dan jangan lupa di kasih vanili biar enggak bau amis) setelah itu oven lagi 5 menit.
8. Angkat dan sajikan.

Selamat mencoba………………………………..
Food & Drink Blogs Top  blogs Blog Flux Food & Drink Blogs - Blog Rankings Online Marketing Food & Drink Top Food & Drink blogs bloggernity Bloghub