mydetik

Onde-onde

Share this:

http://resepmasakanhot.blogspot.com/2012/05/onde-onde.htmlOnde onde adalah makanan kegemaran keluarga kami di rumah membuatnya sedikit agak ribet apalagi aku punya si kecil caca yang berumur 2 setengah tahun. Caca suka sekali sama onde onde buatan mamanya. Onde onde lebih enak kalau pake kacang ijo yang tanpa kulit lebih gurih di banding dengan kacang ijo biasa. Pertama kali buat sempatt gagal waktu penggorengan onde ondenya pada meletus karena kurang manis adonannya. Bagi temen temen yang mau buat onde onde dan mau onde ondenya berhasil ikutin resep dari aku ya. Resep ini dari ibuku di Malang beliau pinter banget kalo buat kue.

Resep Bahan Kulit Onde-Onde :
• 1 kg tepung ketan
• 400 ml santan hangat atau bisa air hangat biasa
• 200 gr wijen
• 200 gr kentang kukus, haluskan (kentang fungsinya agar onde onde awet empuk meski dalam waktu lama, gak pakai juga gak apa apa)
• 275 gr gula pasir (jangan sampai di kurangi nanti onde ondenya bisa meletus saat penggorengan)
• vanili

Resep Bahan Isi Onde-Onde:
• 250 gr kacang hijau tanpa kulit, rendam 2 jam
• 150 gr gula pasir
• 1 lembar daun pandan/vanili
• ½ sdt garam

Cara Membuat Onde-Onde :
1. Isi : kukus kacang hijau sampai matang. Campur dengan gula, daun pandan atau vanili, jerang diatas api kecil sambil diaduk hingga adonan dapat dibentuk bulat kelerang, sisihkan. Biasanya dapat 64 bulatan.

2. Kulit : campur semua bahan sambil diaduk dan diberi santan hangat sedikit demi sedikit. Uleni sampai menjadi adonan yang bisa debentuk. Jangan sampai kelemesen ya. Bagi rata sesuai jumlah isi. Bulatkan dan pipihkan, beri adonan isi, rapatkan, bentuk bulat kembali. (Perlu diingat untuk adonan kulit jangan sampai terkena garam karena itu jg bisa menimbulkan efek meletus itu resep dari ibuku hehehehehe……..)

3. Celup dengan air sebentar lalu gulingkan sambil tekan pelan tiap bulatan onde pada wijen. Goreng dalam minyak banyak yang tidak terlalu panas sampai matang kecoklatan, angkat dan tiriskan. Ingat api jangan terlalu besar pokoknya yang paling kecil.

4. Sajikan selagi hangat.
Share this:


Related Templates:

2 comments:

debora maya mengatakan...

Baru nyoba nih mbak bkin onde-onde ngikutin resep mbak, tp ga pke santan sm kentang kukus doank. Brhasil mbak, enak.. jd pngen jualan deh, hehe..
Kmaren sblm mampir di blog ini smpet nyoba bkin, tp yg brhasil cm adonan isinya aja,
Adonan luarnya galtot..!
Thx y mbak, postingannya brguna bgt!

DAPUR CODENNA mengatakan...

Mba. Aku sudah 2x nyoba resep ini. Aku pake tepung rosebrand. Bikinnya 1/2 resep. Kayaknya takaran air utk kulitnya kurang deh. Utk 1/2 resep aku ngadonin nya dengan 400 ml santan. Sementara diresep untuk 1 kg trpung / 1 resep airnya 400 ml.

Posting Komentar

Food & Drink Blogs Top  blogs Blog Flux Food & Drink Blogs - Blog Rankings Online Marketing Food & Drink Top Food & Drink blogs bloggernity Bloghub