mydetik

Donat Kentang

Share this:

http://resepmasakanhot.blogspot.com/2012/05/donat-kentang.htmlSiapa sih yang enggak suka sama yang namanya donat, dari anak kecil, dewasa sampai tua pun mereka menyukainya, apalagi si donat ada campuran kentangnya ehm...... rasanya tambah yumm idan awet empuk. Awalnya aku gak bisa masak apalagi buat kue, terus setelah aku menikah dan tinggal di desa masak itu harus menjadi tuntutan hidup haduh..... kasian ya akunya. aku sering nyari resep di internet, resepnya Ncc mbak Fatmah Bahalwan sering juga aku coba makasih ya mbak meski kadang hasilnya kurang maksimal. Tapi aku enggak pernah putus asa untuk belajar sampai akhirnya saudaraku ngajarin aku membuat donat. pernah sekali gagal waktu nyoba sendirian terus ada yang bilang dikasih kentang supaya enggak gagal dan sekarang aku sukses setiap kali buat donat yang aku modifikasi sendiri. waktu pengajian dirumah kemarin aku bikin snack box sendiri yang isinya salah satunya adalah donat kentang mereka semua suka dan minta resepnya. Dan inilah resep donat kentangku yang termudah...........
Bahan:
1 kg terigu, biasanya aku pake "cakra"
1/2 kg (500gr) kentang, kukus dulu dan haluskan.
200 g margarin, aku pake blue band karena rasanya lebih gurih dan mantap dari pada margarin yang lainya. memang sedikit mahal tapi kalo mau pake yang biasa No Problem tapi memang rasanya kurang maksimal.
275 gr gula pasir, harus agak banyak soalnya ada tambahan kentangnya.
1 sendok makan fermipan
2 kuning telur
1 sachet susu kental manis, biasanya aku paku susu bendera
vanili, biar enggak bau amis dari telornya
air hangat kuku secukupnya sampai adonan kalis.
Untuk toppingny:
150 gr butter cream
meses
Cara Membuat:
1. Campur semua bahan di dalam wadah besar uleni sampai rata.
2. kasih air sedikit demi sedikit sambil terus diuleni hingga adonan kalis kira kira 15 menit.
3. sambil nguleni sesekali di banting banting adonanya agar gulanya cepat hancur dan cepat kalis.
4. bentuk bulat bulat seperti bentuk donat, diamkan 2 jam, si donat akan mengembang 2 kali lipat. harus 2 jam ya biar ngembang bagus.
5. goreng donat dengan menggunakan api yang sangat kecil, agar enggak gosong tapi dalamnyya masih mentah, hati hati saat memasukan donat ke penggorengan, karena jika terlalu ketekan adonan akan kempis lagi.
6. setelah dingin beri topping sesuai selera.
Share this:


Related Templates:

0 comments:

Posting Komentar

Food & Drink Blogs Top  blogs Blog Flux Food & Drink Blogs - Blog Rankings Online Marketing Food & Drink Top Food & Drink blogs bloggernity Bloghub